Tautan-tautan Akses

Ahmadinejad Tegaskan Iran Tak Akan Hentikan Program Nuklir dalam HUT Revolusi Islam


Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan dalam rapat umum ribuan warganya di Teheran bahwa Iran tidak akan menghentikan program nuklirnya. Rapat umum itu diadakan dalam rangka ulangtahun Revolusi Islam Tahun 1979 yang menjatuhkan Syah Iran yang didukung Amerika.

Ahmadinejad mengatakan, negaranya siap berbicara tentang program nuklirnya, tetapi ia tidak mengajukan sesuatu konsesi. Beberapa analis tadinya berharap ia akan mengumumkan pemasangan ribuan sentrifugal untuk memperkaya uranium. Alih-alih ia mengemukakan kepada masa bahwa Iran akan mengumumkan pencapaian besar tanggal 9 April nanti.

Sebelumnya pada hari Minggu ketua perunding Iran dalam soal nuklir itu mengatakan Teheran bersedia mencapai penyelesaian yang dirundingkan atas pertikaian mengenai programnya memperkaya uranium.

Dewan Keamanan PBB telah memerintahkan Iran berhenti memperkaya uranium selambat-lambatnya tanggal 21 Februari ini atau akan dikenakan sanksi lebih lanjut. Kebanyakan negara besar curiga Iran sedang mengembangkan senjata nuklir, tuduhan yang dibantah Iran.

XS
SM
MD
LG