Tautan-tautan Akses

Senat Amerika Mulai Mencermati Proposal Anggaran Yang Diajukan Bush


Kongres Amerika mulai mencermati proposal anggaran 2008 yang diajukan Presiden Bush, sehari setelah pengumuman rencana anggaran sebesar 2,9 trilyun dolar itu. Komisi Angkatan Bersenjata Senat Amerika membuka sidang dengar-keterangan hari Selasa mengenai porsi anggaran pertahanan yang diajukan Presiden Bush.

Anggaran mengusulkan 245 milyar dolar bagi operasi militer di Irak dan Afghanistan, selain dari sekitar 500 milyar dolar bagi biaya Departemen Pertahanan lainnya. Pada suatu acara dekat Washington, Presiden Bush hari ini mengatakan prioritas nomor satu dalm anggaran itu adalah untuk melindungi rakyat Amerika terhadap teroris.

Bush juga mengatakan pajak rendah ikut membuat pereknomia tumbuh pesat dan tetap kuat. Ia mengatakan rencana untuk mencapai rencana anggaran dalam lima tahun tidak mencakup kenaikan pajak.

Anggaran yang diserahkannya ke Kongres menetapkan pemotongan dalam sebagian asuran kesehatan dalam negeri dan program pendidikan. Reaksi Partai demokrat atas anggaran itu segera dan negatif. Ketua komisi anggaran baik di Senat maupun di DPR mengatakan rencana anggaran Bush akan menggerakakan negara ke arah yang keliru.

XS
SM
MD
LG