Tautan-tautan Akses

Teheran: Lima Warga Iran Yang Ditahan Pasukan AS di Irak Adalah Diplomat


Kementerian Luar Negeri Iran mengatakan lima warga Iran yang ditahan pasukan Amerika di Irak utara adalah diplomat yang terlibat dalam aktivitas legal. Militer Amerika mengatakan warga Iran yang ditahan itu terkait dengan sebuah kelompok Garda Revolusi Iran yang memberikan dana dan senjata kepada pemberontak di Irak.

Jurubicara Iran Muhammad Ali Hosseini mengatakan hari ini, Minggu, tuduhan Amerika itu “tidak benar” dan bertujuan hendak menciptakan suasana di Irak untuk membenarkan tindakan-tindakan militer Amerika. Dia menuntut Amerika Serikat membebaskan kelima warga Iran itu.

Orang-orang Iran itu ditahan hari Kamis dalam penggrebekan terhadap satu gedung di kota Irbil, Irak utara. Pemerintah Irak mengatakan gedung itu adalah kantor penghubung Iran yang dalam proses untuk menjadi konsulat.

Dalam perkembangan lain, militer Amerika mengatakan, pasukan Irak menangkap tiga pemberontak hari ini di kota Balad di utara Bagdad yang umumnya berpenduduk Syiah, sewaktu mereka melakukan pertemuan di sebuah mesjid.

XS
SM
MD
LG