Tautan-tautan Akses

Pesawat Amerika C-130 Melakukan Serangan Udara di Somalia Selatan


Media Amerika memberitakan serangan udara Amerika terhadap para tersangka anggota al-Qaida di dalam wilayah Somalia. Menurut laporan, sasaran tersebut termasuk seorang tokoh teras al-Qaida di Afrika yang diduga terlibat dalam pemboman kedutaan Amerika di Kenya dan Tanzania tahun 1998. Pemboman itu menewaskan lebih dari 200 orang.

Media tadi mengutip pejabat Pentagon mengatakan sebuah pesawat angkut C-130 yang berpangkalan di Djibouti melakukan serangan itu di Somalia selatan. Pesawat tersebut mampu menembakkan ribuan peluru per detik.

Hasil serangan itu belum jelas. Menurut laporan, sejumlah besar korban mungkin telah jatuh. Pentagon belum dengan resmi mengukuhkan serangan Amerika itu. Amerika Serikat telah mengawasi pantai Somalia untuk mencari orang-orang yang dicurigai anggota al-Qaida yang berusaha melarikan diri dari laut. Pasukan Ethiopia dan Somalia menghalau lasykar Islam dari Mogadishu bulan Desember, 6 bulan setelah kaum Islamist merebut ibukota itu dan sebagian besar Somalia selatan.

Kaum Islamis membantah mempunyai hubungan dengan al-Qaida. Sebagian besar telah bertebaran dalam belukar dan hutan Somalia sementara pemerintah interim negara itu berusaha menegakkan kekuasaannya.

XS
SM
MD
LG