Tautan-tautan Akses

Nancy Pelosi Menjadi Perempuan Pertama Yang Terpilih Sebagai Ketua DPR Amerika


Nancy Pelosi dari fraksi Demokrat telah dipilih menjadi perempuan pertama yang menjadi ketua Dewan Perwakilan Amerika. Ia dipilih hari Kamis sejurus setelah Kongres baru bersidang. Sekarang untuk pertama kali dalam 12 tahun fraksi Demokrat mempunyai suara mayoritas di Senat maupun Dewan Perwakilan.

Di Senat Wakil Presiden Dick Cheney yang juga menjabat Ketua Senat mengambil sumpah para senator baru. Di Senat fraksi Demokrat unggul tipis dari fraksi Republik dengan perbandingan 51 lawan 49.

Anggota baru Kongres termasuk seorang Muslim pertama yang dipilih menjadi anggota Dewan Perwakilan dan dua penganut Budha. Demokrat berjanji akan mendesakkan agenda domestik mereka seperti memperlonggar batasan atas riset sel batang, menaikkan upah minimum, dan membolehkan pemerintah berunding dengan perusahaan obat-obatan untuk menurunkan harga obat.

Namun agenda pertama adalah meloloskan RUU untuk mengesahkan semua atau sebagian besar rekomendasi Komisi yang menyelidiki serangan teroris 11 September. Peraturan etika yang lebih keras bagi anggota Kongres termasuk melarang anggota menerima upeti, hadiah, atau pemberian lain dari para lobiyis juga akan diusulkan.

Tentang Irak, Nancy Pelosi dan para pemuka Demokrat lain menolak seruan dari sesama Demokrat untuk mengurangi anggaran bagi operasi militer di sana.

XS
SM
MD
LG