Tautan-tautan Akses

Bush Puji Gerald Ford Sebagai Pemimpin Yang Tenang dan Berwibawa


Jenazah mantan Presiden AS Gerald Ford disemayamkan di gedung Kongres AS, Capitol Hill, sampai Selasa waktu Washington. Berbicara tentang mantan Presiden Ford, Presiden Bush mengatakan, presiden Amerika Serikat ke-38 itu berjasa mengangkat bangsa Amerika dari trauma Perang Vietnam dan skandal politik di dalam negeri.

Presiden Bush mengatakan, Gerald Ford selalu percaya akan pentingnya mengabdi pada negara, dan selalu siap melakukan yang terbaik bagi masyarakat Amerika.

Ford mulai menjabat sebagai presiden pada tahun 1974, setelah Presiden Richard Nixon mengundurkan diri dari jabatannya di tengah ancaman impeachment, terkait skandal politik Watergate. Sebelumnya, Ford menjabat sebagai wakil presiden.

Presiden Bush memuji Ford sebagai pemimpin yang tenang dan berwibawa, yang membawa Amerika Serikat melalui masa menyulitkan. “Ford menuntun Amerika melalui krisis kepercayaan, dan membantu negara kita sembuh dari luka-lukanya dengan cara membangkitkan kembali kepercayaan terhadap sistem pemerintahan kita,” tegas Bush.

Presiden Ford memberikan pengampunan bagi Presiden Nixon atas kesalahannya dalam skandal Watergate. Namun keputusan inilah yang menurut banyak pakar sejarah mengakibatkan kekalahan Ford dalam kampanye pemilihan presiden tahun 1976, yang dimenangkan oleh Jimmy Carter.

Presiden Bush memuji Ford sebagai seorang manusia yang berintegritas, yang selalu mendahulukan kepentingan negara di atas kepentingan pribadinya, dan berani mengambil keputusan yang benar, meski tidak didukung banyak orang.

Dalam pidato radio mingguannya, Bush berkata, jasa-jasa Ford baru benar-benar dihargai oleh masyarakat Amerika setelah usai masa jabatannya.

“Dalam setiap tahapan perjalanannya, Presiden Ford menunjukkan sikap terpuji, patriotisme dan keberanian yang akan selalu dikagumi oleh rakyat Amerika. Di kala kita mengatakan selamat jalan kepada tahun 2006, kita juga mengatakan selamat jalan kepada salah satu pelayan masyarakat terbaik di Amerika,” puji Bush.

“Kita berterima kasih atas hidupnya yang menakjubkan, atas seorang pria yang penuh perhatian yang telah menyentuh banyak kehidupan, dan atas seorang presiden yang telah menyembuhkan negara kita,” tambah Bush.

Sebuah pemakaman kenegaraan akan diselenggarakan bagi Presiden Ford di ruang tengah Capitol Hill. Ribuan orang diharapkan akan hadir memberikan penghormatan terhadap Presiden Ford di Capitol Hill, sebelum jenazahnya dibawa ke gereja Katedral Nasional pada hari Selasa untuk didoakan.

Presiden Bush menyatakan hari Selasa sebagai hari berkabung nasional. Bersama tiga mantan presiden Amerika lainnya—George Herbert Walker Bush, Jimmy Carter dan Bill Clinton, Presiden Bush akan menghadiri ibadah pelepasan bagi Ford.

Ford akan dimakamkan pada hari Rabu di museum kepresidenannya di negarabagian Michigan.

XS
SM
MD
LG