Tautan-tautan Akses

Milisi Islamis Somalia Bentrok dengan Pasukan Ethiopia di Somalia Selatan


Para pejabat gerakan Islamis Somalia melaporkan pertempuran hebat antara milisi mereka dan pasukan Ethiopia yang membantu pemerintah sementara negara itu. Menteri Luar Negeri Islamis, Ibrahim Hassan Adou mengatakan kepada VOA, pasukan Islamis mengalahkan tentara Ethiopia dalam pertempuran dekat kota Dinsoor Somalia selatan hari ini.

Namun kantor berita Prancis mengutip Menteri Dalam Negeri pemerintah Salat Ali Jelle mengatakan kaum Islamis kalah. Rincian pertempuran itu samar-samar, tetapi menurut saksi mata pertempuran itu sengit yang menyebabkan jatuh korban. Kedua pihak saling menuduh yang lain memprovokasi pertempuran. Para pejabat pemerintah-sementara belum mengukuhkan keterlibatan Ethiopia.

Sebelumnya seorang jurubicara pengadilan Islam menuduh tentara Ethiopia menggempur dengan meriam kota Bandiradley yang dikuasai kaum Islamis di Somalia tengah Kamis malam. Para saksi mata mengukuhkan terjadi pertempuran di wilayah itu. Rakyat Somalia telah bersiap bagi kemungkinan perang selama berpekan-pekan, di tengah ketegangan yang meningkat antara Ethiopia dan gerakan Islamis yang kuat.

XS
SM
MD
LG