Tautan-tautan Akses

Pejabat AS Lecehkan Laporan Permintaan Menyelidiki Rumsfeld


Pejabat Amerika melecehkan laporan bahwa sebuah kelompok hak asasi Amerika minta pengadilan Jerman untuk menyelidiki tuduhan kriminal yang dikenakan pada menteri pertahanan Amerika Donald Rumsfeld. Kata jurubicara Pentagon Bryan Whitman hari Selasa, pemerintah Amerika telah menyelidiki kasus-kasus penyiksaan itu dengan seksama dan sejumlah tersangka telah diadili.

Kata kejaksaan federal Jerman, tuduhan sepanjang 220 halaman yang diajukan oleh ‘Center for Constitutional Rights’ yang berkantor di New York itu, telah diterima. Hukum di Jerman memungkinkan diadilinya kasus-kasus kejahatan yang terjadi di luar negeri. Sementara itu, pemerintah Amerika mengatakan, tersangka teroris yang ditahan di guantanamo tidak punya hak untuk memprotes penahanan mereka. Kata para pengacara, pemerintah Amerika tidak berhak menahan tersangka di luar negeri tanpa mengizinkan mereka untuk menghubungi pengadilan sipil di Amerika.

Sementara secara terpisah Perdana menteri Inggris Tony Blair menyerukan diadakannya strategi Timur Tengah yang lebih luas untuk menstabilkan keadaan di Irak dan meredam aksi-aksi ekstremis. Ini dikatakan oleh Blair kepada ‘kelompok studi Irak’ Amerika lewat video conference. Tony Blair juga menekankan pentingnya menyelesaikan konflik israel-palestina supaya tidak bisa dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok ekstremis.

Kelompok studi Amerika itu dipimpin oleh mantan Menteri Luar Negeri James Baker. Kelompok itu sebelumnya bertemu dengan Presiden Bush di gedung putih hari Selasa pagi dan diperkirakan akan menyampaikan rekomendasinya kepada Presiden akhir tahun ini. Kemarin, PM Tony Blair menyerukan diadakannya dialog antara Amerika dengan Iran dan Syria, untuk mengakhiri pertumpahan darah di Irak.

XS
SM
MD
LG