Tautan-tautan Akses

Pemimpin Muslim Italia: Masalah Kontroversi Pernyataan Paus Sudah Selesai


Seorang pemimpin senior Islam di Italia mengatakan komunitas Muslimnya telah menerima permintaan maaf Paus Benediktus atas pernyataannya mengenai Islam dan beranggapan masalah itu sudah selesai. Abdallah Redouane, Direktur Pusat Kebudayaan Islam di Italia, hari Selasa mengatakan agama-agama bisa bentrok atau bisa melangsungkan dialog.

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad hari Selasa mengatakan ia menghormati Paus Benediktus dan percaya bahwa Sri Paus telah mengubah pernyataannya. Tetapi para demonstran di Turki menuntut pemerintah membatalkan kunjungan Sri Paus yang dijadwalkan bulan November. Dan para ulama Mesir menghendaki agar Sri Paus membuat pernyataan minta maaf yang lebih tegas lagi dengan menyebut di depan umum komentarnya mengenai Islam keliru.

Paus Benediktus menimbulkan serangkaian demonstrasi pekan ini ketika ia tadinya mengutip ucapan seorang kaisar Rumawi Timur abad ke-14 yang mengatakan sebagian ajaran Nabi Muhammad keji dan tidak berperikemanusiaan. Paus Benediktus mengatakan kutipan itu bukan pandangannya dan menambahkan ia menyesalkan bahwa apa yang dikatakannya menimbulkan kemarahan semacam itu.

XS
SM
MD
LG