Tautan-tautan Akses

PBB Siap Mnyepakati Resolusi Pengerahan Pasukan Perdamaian PBB di Darfur


Dewan Keamanan PBB sudah siap untuk menyepakati resolusi yang meratakan jalan untuk pengerahan pasukan penjaga perdamaian PBB di daerah Darfur, Sudan.

Amerika Serikat dan Inggris mengusahakan pemungutan suara hari ini mengenai resolusi yang hendak meningkatkan kekuatan pasukan Uni Afrika yang saat ini digelar di Darfur. Resolusi itu hendak mengesahkan lebih dari 3 kali lipat pasukan Uni Afrika dengan tujuan untuk mengubahnya menjadi operasi PBB.

Para diplomat Dewan Keamanan mengatakan Rabu malam rancangan resolusi itu tampaknya bakal disetujui Dewan. Cina telah menyatakan tentangan terhadap resolusi itu, tetapi para diplomat mengatakan Cina sekarang tampaknya telah setuju untuk tidak menggunakan hak-veto-nya dan akan abstain dalam pemungutan suara.

Dutabesar Amerika John Bolton mengatakan ia yakin Sudan mungkin akan setuju untuk mengizinkan pasukan PBB di Darfur setelah resolusi disetujui Dewan. Sudan telah berkali-kali menolak izin bagi misi PBB di daerah itu, dan menyamakannya dengan penjajahan.

XS
SM
MD
LG