Tautan-tautan Akses

Serangan Udara Israel Atas Konvoi Pengungsi Libanon Tewaskan 15 Orang


Serangan udara Israel atas konvoi warga sipil dan pasukan keamanan Libanon yang sedang berusaha mengungsi dari kawasan pertempuran, menewaskan atau melukai sedikitnya 15 orang. Kata sumber-sumber yang mengetahui, konvoi itu dipimpin oleh kendaraan penjaga keamanan PBB ketika meninggalkan kota Marjayoun. Konvoi tadi diserang oleh sedikitnya sembilan roket yang ditembakkan oleh pesawat tidak berawak Israel.

Israel sementara itu telah memerintahkan perluasan offensif daratnya di Libanon. hari Jumat malam, PM Ehud Olmert memerintahkan pasukannya untuk menghantam posisi-posisi yang digunakan Hizbullah untuk meluncurkan serangan roket ke Israel. Kata jurubicara kementerian LN, Israel akan mempertimbangkan lagi keputusannya itu, apabila dewan keamanan PBB bisa mengesahkan rancangan resolusi gencatan senjata yang memenuhi tuntutan Israel.

Jumat siang, pesawat-pesawat tempur Israel melancarkan serangan atas kawasan pinggiran kota Beirut, dan sebuah daerah dekat perbatasan Syria. Kata Libanon, serangan itu menewaskan sedikitnya 14 orang. Siaran televisi Hizbullah melaporkan bahwa sebuah kapal patroli Israel dihancurkan di perairan lepas pantai kota Tyre, tapi laporan itu dibantah oleh Israel. Kira-kira 900 orang warga sipil Libanon, dan 120 orang Israel, kebanyakan dari mereka tentara, juga tewas sejak dimulainya serangan Israel satu bulan yang lalu.

Sementara, Amerika dan Perancis telah mengedarkan rancangan resolusi gencatan senjata yang baru ke Dewan Keamanan PBB, untuk mengakhiri konflik antara Israel dan kelompok Hizbullah. Rancangan itu disusun oleh Perancis dan Amerika untuk menggantikan rancangan terdahulu yang ditolak oleh dunia Arab. Kata para diplomat, ada kemungkinan akan diadakan pemungutan suara tentang rancangan itu hari Jumat ini. Katanya, rancangan tadi menyerukan penarikan pasukan Israel secara bertahap dari Libanon, dan penempatan tentara Libanon di kawasan selatan, yang dibantu oleh pasukan penjaga kecaman PBB yang berkekuatan limabelas ribu orang.

XS
SM
MD
LG