Tautan-tautan Akses

Mendapat Medali di Teheran, Hugo Chavez Lanjutkan Lawatannya ke Vietnam


Presiden Venezuela Hugo Chavez hari ini berkunjung ke Vietnam untuk kunjungan selama dua hari. Presiden Chavez dan Presiden Vietnam Nguyen Minh Triet diperkirakan akan membahas perluasan hubungan ekonomi antara kedua negara mereka. Vietnam dan Venezuela membuka hubungan diplomatik pada tahun 1989. Presiden Chavez sedang ditengah-tengah perjalanan ke tujuh negara. Ia sudah mengunjungi Belarus, Rusia, Qatar dan Iran. Setelah Vietnam, ia akan mengunjungi Mali dan Benin.

Sebelumnya di Teheran, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad telah menganugerahi sebuah medali kepada Presiden Venezuela Hugo Chavez atas dukungannya kepada Iran dalam perselisihan nuklirnya dengan negara-negara barat. Media pemerintah Iran melaporkan bahwa Presiden Ahmadinejad memberikan anugerah Medali Republik Islam kepada Presiden Chavez dalam sebuah upacara di Universitas Teheran. Dikatakan penghormatan itu sebagai pengakuan terhadap suara yang diberikan Venezuela di Badan Tenaga Atom Internasional menentang sebuah resolusi yang akan menyerahkan masalah program nuklir Iran itu kepada Dewan Keamanan PBB.

Pemimpin Iran itu juga memuji Presiden Chavez atas upaya pemerintahnya menentang apa yang ia katakan sebagai imperialisme. Presiden Chavez memimpin sebuah delegasi pemerintah dalam kunjungan dua hari sebagai bagian perjalanan internasionalnya. Sementara di Teheran, Menteri Energi dan Pertambangan Venezuela Rafael Ramirez memperingatkan bahwa negaranya mungkin akan mengurangi supplai minyak kepada Amerika Serikat karena apa yang ia sebut “kebijakan-kebijakan yang tidak bersahabat.”

XS
SM
MD
LG