Tautan-tautan Akses

Dick Cheney Tepiskan Saran Agar AS Lancarkan Serangan Pencegahan Terhadap Korut


Wakil presiden Amerika, Richard Cheney telah menepiskan suara-suara agar Amerika melancarkan serangan pencegahan terhadap Korea Utara yang dicurigai hendak melakukan ujicoba misil jarak jauh.

Bekas menteri pertahanan Amerika William Perry dan seorang bekas pejabat Departemen Pertahanan Pentagon mengemukakan suara itu dalam tulisan mereka di harian Washington Post edisi hari Kamis. Di situ mereka berseru kepada pemerintahan Bush agar menyerang dan menghancurkan misil tersebut.

Wakil Presiden Cheney mengatakan di televisi CNN hari Kamis bahwa jika satu negara menyerang satu negara lain, yang menyerang harus siap untuk menembakkan lebih dari satu peluru. Ia menyebut kemampuan Korea masih ‘belum sempurna’ dengan menunjuk pada ujicoba terdahulu yang tidak begitu berhasil.

Cheney mengatakan Amerika terus mengamati dari dekat Korea Utara sebab tujuan negara itu masih belum jelas. Gambar-gambar satelit terbaru menunjukkan Korea Utara siap menguji-coba misil balistik jarak jauh yang dapat mencapai wilayah Amerika. Washington juga berpendapat Korea Utara mungkin mempunyai kemampuan nuklir.

XS
SM
MD
LG