Tautan-tautan Akses

Korban yang Meninggal Akibat Gempa Bumi di Yogya Mencapai 5.400  orang


Jumlah yang meninggal akibat gempa bumi hari Sabtu di Jawa Tengah, telah melebihi 5.400 orang, sementara gunung Merapi di dekatnya mengancam akan memperburuk keadaan. Sementara badan-badan pertolongan berusaha keras mengangkut bahan kebutuhan kepada ribuan orang yang selamat dari gempa, para ilmuwan mengatakan gunung Merapi menunjukkan kegiatan yang meningkat hari Senin, mengepulkan kabut gas panas yang beracun.

Ribuan penduduk desa telah mengungsi dari lereng gunung, sementara para pakar memperingatkan letusan besar-besaran dapat terjadi setiap saat. Sementara itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah pindah ke kantor sementara di Yogyakarta, untuk mengawasi langsung operasi pemulihan. Ia mengatakan usaha pertolongan kemanusiaan perlu dikoordinasi dengan lebih baik supaya orang yang selamat dapat memperoleh pertolongan lebih cepat.

Petugas pertolongan mengatakan mereka kekurangan pangan, air, dan obat-obatan. Banyak orang berbaris di jalan utama mengemis bahan kebutuhan dari kendaraan yang liwat. Badan-badan bantuan sedang mendatangkan beras, biskit bergizi tinggi, tetapi orang-orang selamat dan petugas pertolongan mengatakan bahan pertolongan tersebut sangat jauh dari cukup. Para petugas medis di daerah yang dilanda gempa itu mengatakan mereka sangat membutuhkan rumah sakit darurat, sementara mereka dengan susah payah mengobati ribuan orang yang cedera.

Walaupun badan-badan bantuan sudah berusaha menyediakan pemondokan darurat, banyak orang yang selamat memilih untuk tidur di luar rumah mereka yang rusak malam hari, di tengah-tengah cuaca buruk.

Presiden Yudhoyono mengatakan Indonesia akan terus melakukan pertolongan darurat sampai akhir Augustus. Ia telah menjanjikan lebih dari 107 juta dolar untuk membantu korban dengan biaya pengobatan dan pembangunan kembali perumahan.

Para petugas medis di Yogyakarta mengatakan, mereka berusaha sekuat tenaga untuk merawat ribuan korban luka-luka yang terus berdatangan di rumah sakit-rumah sakit yang semakin penuh sesak dengan pasien. Para dokter kini harus melakukan operasi-operasi kecil di udara terbuka. Di Yogyakarta dan wilayah sekitarnya, korban gempa meninggal diperkirakan telah mencapai lebih dari 5100. Dan para petugas bantuan mengatakan, mereka kehabisan makanan, air dan obat-obatan.

Para pejabat Indonesia memperkirakan, hampir 200 ribu orang kehilangan tempat tinggal akibat gempa berkekuatan 6,3 pada skala Richter Sabtu lalu itu. Banyak orang dilaporkan berdiri di sepanjang jalan meminta makanan dan bantuan lainnya. Bantuan internasional mulai berdatangan di wilayah ini di mana badan-badan bantuan mengirim bantuan dengan menggunakan truk-truk. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berada di Yogyarakta untuk secara langsung memantau upaya bantuan. Dia telah meminta bantuan internasional dan telah menjanjikan bantuan sebesar lebih dari 107 juta dolar.

Sementara itu, PBB mengatakan para petugasnya kini telah berada di Yogyakarta, membantu mempercepat pengiriman bantuan. Sebelumnya, pesawat bantuan PBB telah mengangkut air, tenda, peralatan masak dan perlengkapan kesehatan yang akan dibawa ke Bantul. Dana Anak-anak PBB telah menyatakan mengirim tiga tahap pengiriman bantuan melalui udara, termasuk tanki-tanki air, tenda keluarga dan peralatan masak selain obat-obatan.

Militer Amerika mengatakan, pihaknya mengirim petugas medis, peralatan dan bantuan lainnnya ke wilayah ini. Jepang telah mengirim tentaranya untuk membantu para korban. Sejumlah negara lainnya telah menjanjikan bantuan dana dan perlengkapan. Para pejabat PBB mengatakan, mereka mengadakan pertemuan khusus di antara badan-badan bantuan di Jenewa untuk mengkoordinasikan bantuan. PBB akan segera meminta masyarakat internasional untuk memberikan bantuannya akhir pecan ini.

XS
SM
MD
LG