Tautan-tautan Akses

Bush Menuduh Iran Membangkang terhadap Dunia dengan Ambisinya Nuklirnya


Presiden Bush menuduh Iran membangkang terhadap dunia dengan ambisinya untuk membuat senjata nuklir. Dalam jumpa pers di Washington Kamis malam, Bush menuduh Teheran menindas rakyatnya, mensponsori teroris, menggoyahkan kawasan itu dan mengancam Israel.

Ia mengatakan karena alasan tersebut, Amerika Serikat, sekutunya di Eropa, Rusia dan Cina , mempunyai tujuan untuk menghambat Iran memperoleh senjata nuklir.

Presiden Bush mengatakan demikian sementara ke-5 anggota tetap Dewan keamanan PBB mengadakan pembicaraan babak pertama mengenai rancangan resolusi yang diajukan oleh Inggris dan Perancis hari Rabu lalu.

Resolusi itu, yang didukung kuat oleh Amerika Serikat, tidak mengancam pengenaan sanksi. Tetapi, rancangan tersebut menyebut Pasal Tujuh Piagam PBB, yang dapat digunakan untuk mengesahkan sanksi dan kekuatan militer sebagai alternative terakhir.

Duta-besar Iran di PBB mengatakan resolusi baru yang didukung Barat yang menuntut agar Teheran menghentikan pengolahan uranium, bertujuan untuk memancing krisis.

XS
SM
MD
LG