Tautan-tautan Akses

Pemberontak Maois Nepal Maklumkan Gencatan Senjata Selama Tiga Bulan


Pemberontak komunis berhaluan Maois di Nepal memaklumkan gencatan senjata sepihak selama tiga bulan setelah bakal perdana menteri GP Koirala meyakinkan mereka bahwa Parlemen akan menentukan jadwal pemilihan umum majelis nasional untuk menyusun rancangan Konstitusi baru.

Pernyataan yang dikeluarkan pemimpin pemberontak Prachandra mengatakan, pemberontak akan menahan diri tidak menyerang sasaran yang bersifat pemerintah, dan pemberontak memaklumkan gencatan senjata untuk menunjukkan dukungan mereka pada keinginan bangsa Nepal akan perdamaian.

Hari Kamis Raja Gyanendra dengan resmi menunjuk Koirala sebagai perdana menteri sebagaimana disarankan aliansi tujuh partai. Perkembangan ini terjadi menyusul demonstrasi protes tiga minggu yang memaksa Raja memulihkan demokrasi. Koirala diperkirakan bakal dikukuhkan apabila Parlemen bersidang untuk pertama kali sejak tahun 2002.

Pemberontak Maois mengatakan gencatan senjata itu dimaksudkan untuk mendorong partai-partai politik untuk secara tanpa syarat membentuk majelis nasional guna menyusun kontitusi baru dengan wewenang mengurangi atau menghapus peranan Raja dalam politik.

XS
SM
MD
LG