Tautan-tautan Akses

Organisasi HAM Internasional Desak Sanksi Terhadap Penguasa Nepal


Tiga organisasi HAM terkemuka menghimbau diberlakukannya sanksi terhadap Raja Gyanendra dan pejabat-pejabat senior politik dan militer Nepal. Amnesti Internasional, Human Rights Watch dan Komisi Pengacara Internasional membuat imbauan itu selagi mereka mengadakan pertemuan di Jenewa hari Selasa untuk mengkaji pelanggaran HAM di Nepal.

Ketiga organisasi HAM tersebut mendesak diberlakukannya larangan berkunjung ke negara-negara lain dan pembekuan aset pribadi di luar negeri milik pejabat-pejabat tinggi Nepal.

Ribuan orang hari Selasa terus berdemonstrasi menentang raja, dan pihak berwajib untuk pertama kali menahan sejumlah pegawai pemerintah karena ambil bagian dalam aksi unjuk rasa itu. Di Kathmandu polisi menahan setidaknya 25 pegawai kementerian dalam negeri selagi mereka meneriakkan semboyan anti-kerajaan. Ratusan aktivis politik telah dipenjarakan dan lima demonstran tewas oleh polisi semasa 13 hari aksi unuk rasa itu.

Juga pada hari Selasa, India mengirim mantan menteri kabinet Karan Singh ke Nepal sebagai utusan khusus dengan membawa pesan dari Perdana Menteri Manmohan Singh. Mantan dutabesar untuk Washington itu akan bertemu dengan Raja Gyanendra dan para tokoh politik dan menyimpulkan keadaan di negara itu.

XS
SM
MD
LG