Tautan-tautan Akses

Charles Taylor Akan Diajukan ke Mahkamah Kejahatan Perang PBB Senin


Mantan Presiden Liberia Charles Taylor akan diajukan ke mahkamah kejahatan perang PBB hari Senin mendatang. Kata sumber-sumber yang dekat pada mahkamah khusus sierra Leone, pihak kejaksaan akan membacakan tuduhan resmi yang dikenakan pada Taylor dan kemudian mantan Presiden itu akan ditanya apakah dia mengaku atau tidak.

Pengadilan telah mengumumkan 11 tuduhan kejahatan perang dan kejahatan atas umat manusia pada Charles Taylor, ketika dia terlibat dalam perang saudara yang ganas di Sierra Leone. Mahkamah Sierra Leone telah minta supaya sidang itu diadakan di negeri Belanda, karena khawatir kalau sidang-sidangnya mengakibatkan kerusuhan di Sierra Leone dan Liberia.

Sementara itu, persatuan Eropa minta supaya Serbia dan Montenegro menyerahkan tersangka pelaku kejahatan perang, Jenderal Ratko Mladic dalam waktu satu bulan mendatang. Pejabat persatuan Eropa telah berulang kali minta Serbia supaya mengekstradisi Jenderal Mladic sebelum dilanjutkannya perundingan antara persatuan Eropa dan bekas Yugoslavia itu. Jenderal Ratko Mladic dituduh oleh mahkamah PBB melancarkan serangan atas warga sipil di Bosnia ketika terjadi perang saudara tahun ’90-an.

XS
SM
MD
LG