Tautan-tautan Akses

Milinkevich: Aksi Protes Hasil Pemilu Belarusia Harus Diteruskan


Pemimpin oposisi Belarusia Alexander Milinkevich mengimbau para pendukung untuk meneruskan aksi-unjuk rasa mereka menentang terpilihnya kembali Presiden Alexander Lukshenko dengan suara terbanyak. Ia memberitahu ribuan aktivis yang berkumpul di Lapangan Oktober bahwa aksi unjuk-rasa hendaknya diteruskan saban hari hingga demonstrasi besar-besaran hari Sabtu.

Laporan sebelumnya mengatakan Milinkevich tadinya bermaksud menghimbau penundaan aksi-protes itu beberapa hari. Setidaknya empat dutabesar Eropa datang ke lapangan itu dan menyuarakan dukungan bagi kemampuan para demonstran untuk berkumpul dan menyatakan pandangan mereka. Sebelumnya, polisi Belarusia menahan setidaknya empat aktivis oposisi dan beberapa warga asing sewaktu demonstrasi itu.

Presiden Lukashenko menolak kecaman atas kemenangannya yang luar biasa itu, dengan mengatakan upaya untuk menyulut “revolusi” telah gagal. Para pejabat Amerika dan Eropa mengecam pemunguitan suara hari Minggu lalu, dan memperingatkan mereka kini mempertimbangkan sanksi terhadap para pejabat Belarusia. Namun, kementerian luar negeri Rusia, menuduh Organisasi Kerja-sama dan Keamanan di Eropa bersikap memihak.

XS
SM
MD
LG