Tautan-tautan Akses

Pemerintah Irak Jatuhkan Hukuman Gantung Bagi 13 Pemberontak


Irak telah menghukum gantung 13 pemberontak, hukuman mati pertama yang dilaksanakan pemerintah sejak Saddam Hussein disingkirkan tahun 2003. Pemerintah tidak banyak memberi rincian mengenai terpidana mati itu. Hukuman gantung yang dilaksanakan hari Kamis dilakukan sementara menteri pertahanan Amerika Donald Rumsfeld mendesak Irak membentuk pemerintah persatuan nasional guna memperkecil ancaman perang saudara.

Dalam perkembangan lain – presiden Irak Jalal Talabani setuju sidang pertama Parlemen baru diundurkan ke tanggal 19 bulan ini – lambat seminggu dari batas waktu yang ditetapkan. Putusan kapan sidang dimulai menjadi tersendat akibat pertikaian antara aliansi Syiah yang mayoritas dan Presiden Talabani tentang apakah perdana menteri yang segera melepas jabatan Ibrahim al Jafaari harus memimpin pemerintah baru nanti.

Dalam pada itu -- surat kabar Washington Post memberitakan para pemuka Syiah telah memerintahkan Kementerian Kesehatan berhenti menghitung pembunuhan gaya hukuman mati menyusul ledakan bom di masjid Syiah belum lama ini yang kemudian memicu kekerasan dan balas dendam.

XS
SM
MD
LG