Tautan-tautan Akses

Deplu Iran Tak Besar-Besarkan Ancaman Keluar Dari Perjanjian Nuklir


Departemen LN Iran tidak membesar-besarkan ancaman Presiden Mahmoud Ahmadinejad untuk keluar dari Perjanjian Larangan Penyebar-luasan Nuklir. Seorang jurubicara, Hamid Reza Asefi, mengatakan Iran terikat dengan ketentuan-ketentuan perjanjian itu, tetapi tidak dapat menerima penggunaannya sebagai alat politik.

Hari Sabtu, Presiden Ahmadinejad mengatakan ia mungkin akan menarik diri dari perjanjian itu untuk mengakhiri tekanan internasional yang semakin besar terhadap Iran untuk mengakhiri program nuklirnya.

Mentri LN Amerika Condoleezza Rice mengatakan langkah seperti itu akan memperdalam lebih jauh isolasi Iran. Rice hari Ahad mengatakan ada koalisi negara-negara, termasuk seluruh anggota Dewan Keamanan PBB, yang bertekad untuk mencegah Iran mengembangkan senjata nuklir.

Ia menambahkan AS memusatkan pada pendekatan diplomatik tetapi tidak menyisihkan pilihan apa pun dalam menghadapi Iran, termasuk pilihan penggunaan aksi militer. Negara-negara Barat, dipimpin oleh AS, menuduh Iran secara rahasia mengembangkan senjata nuklir, tuduhan yang dibantah oleh Teheran.

XS
SM
MD
LG