Tautan-tautan Akses

Iran Menyangkal Menghasut Aksi Kekerasan Terhadap Penerbitan Kartun Nabi Muhammad


Iran menyangkal tuduhan-tuduhan pihak Barat, pihaknya telah menghasut aksi kekerasan terhadap penerbitan kartun-kartun yang menggambarkan nabi Muhammad. Di Teheran, juru bicara Kementerian luar negeri Hamid Reza Asefi secara khusus menyebut Menteri Luar Negeri Amerika Condoleezza Rice dan para pejabat Denmark sebagai yang telah membuat tuduhan itu.

Dia menghimbau pihak Barat meminta maaf kepada dunia Islam atas kartun itu, dan berjanji tidak akan membuat kesalahan besar demikian di masa depan. Di Turki, ribuan orang berdemonstrasi hari Minggu dalam protes terbesar di negara itu terhadap kartun-kartun nabi Muhammad yang pertama kali diterbitkan di Denmark.

Kekerasan dan ancaman telah mendorong Denmark menarik para diplomatnya dari Iran, Syria, dan Indonesia. Di Pakistan, PBB telah membatasi gerakan staf dan pasokan bahan-bahan bantuan karena adanya protes-protes anti-Barat. Menteri Luar Negeri Rice mengatakan aksi protes di seluruh dunia Muslim dapat berkembang menjadi tidak terkendali bila pemerintah negara-negara di dunia Muslim itu menolak menyerukan kepada warganya agar tetap tenang.

XS
SM
MD
LG