Tautan-tautan Akses

Denmark Tarik Pulang Diplomat, Anjurkan Warganya Tinggalkan Indonesia


Denmark telah menganjurkan warga negaranya yang tinggal di Indonesia agar meninggalkan Indonesia karena ancaman dari kelompok ekstremis Muslim yang marah mengenai gambar kartun Nabi Muhammad.

Dalam pernyataan hari Sabtu, Kementerian Luar Negeri Denmark mengatakan pihaknya menerima informasi yang dapat dipercaya bahwa warga negara Denmark akan menjadi sasaran. Peringatan itu datang setelah kementerian Luar Negeri Denmark menarik pulang untuk sementara para diplomatnya dari Iran, Indonesia dan Syria setelah mendapat ancaman tersebut.

Protes kaum Muslim terus berlanjut di beberapa wilayah di dunia. Ribuan warga Muslim Inggris berpawai di London menentang gambar kartun yang dimuat dalam surat kabar Denmark yang menggambarkan Nabi Muhammad sebagai teroris. Laporan-laporan dari tempat peristiwa itu mengatakan unjuk rasa di London itu berlangsung tenteram dan bahwa para pengunjuk rasa menyerukan ketenangan.

Para pejabat mengatakan kurang lebih 7000 Muslim berdemonstrasi di Paris. Demonstrasi juga berlangsung di kota-kota besar Eropa. Laporan-laporan media setempat mengatakan, demonstrasi kaum Muslim juga berlangsung di Indonesia dan Bangladesh.

XS
SM
MD
LG