Tautan-tautan Akses

AS Usir Seorang Diplomat Venezuela Sebagai Pembalasan


Amerika telah mengusir seorang diplomat Venezuela, sebagai pembalasan atas pengusiran diplomat Amerika yang dituduh melakukan kegiatan mata-mata di negara itu. Kata jurubicara departemen LN Amerika Sean McCormack hari Jumat, kepala staf kedutaan Venezuela di Washington, Jeny Figuerdo Frias, telah dinyatakan sebagai persona non grata dan harus meninggalkan Amerika dalam waktu 72 jam. Kata McCormack, diplomat Venezuela itu tidak dituduh melakukan kejahatan apapun, tapi dia adalah pilihan yang paling tepat untuk diusir.

Kemarin, atase angkatan laut Amerika John Correa di diperintahkan meninggalkan Venezuela atas tuduhan melakukan kegiatan mata-mata. Kata pejabat Venezuela, Correa telah mendapat informasi rahasia dari beberapa perwira tentara Venezuela; tapi departemen LN membantah bahwa Correa terlibat kegiatan yang tidak pantas.

Sementara itu, seorang anggota kongres Amerika dari partai Republik menyatakan sangat prihatin karena jaringan televisi Arab al-Jazira telah membuat aliansi dengan jaringan televisi Venezuela Telesur. Kata anggota Kongres AS, Connie Mack, aliansi seperti itu akan menciptakan suatu jaringan global teroris dan musuh-musuh kemerdekaan lainnya.

Connie Mack menyerukan supaya kongres Amerika menyusun sebuah undang-undang yang akan mengatur siaran radio dan televisi yang ditujukan ke Venezuela. Kementerian komunikasi Venezuela mengatakan, komentar Connie Mack itu merupakan ancaman terselubung bahwa Amerika akan menyerang kantor stasiun televisi Telesur di Caracas.

XS
SM
MD
LG