Tautan-tautan Akses

Pidato Kenegaraan Bush Bertujuan Perkuat Kepemimpinannya


Presiden Bush menyampaikan pidato kenegaraan yang kelima Selasa malam ini, sementara ia berupaya memperkuat keyakinan pada kepimpinannya yang dihantam oleh persentase rendah dalam jajak pendapat. Pidatonya di depan Kongres dan rakyat Amerika membentangkan visinya bagi tahun depan, dan diduga akan membahas berbagai masalah dalam negeri seperti keprihatinan energi, isu keamanan, pendidikan dan asuransi kesehatan.

Di bidang kebijakan luar negeri, Bush mengatakan ia akan menganjurkan Iran supaya membatalkan setiap rencana untuk membuat senjata nuklir, sementara menjanjikan dukungan Amerika bagi bangsa Iran. Ia juga diperkirakan akan berbicara mengenai perang di Irak dan terpilihnya partai militan HAMAS untuk memimpin bangsa Palestina.

Jurubicara Gedung Putih hari Selasa mengatakan pidato itu akan dibuka dengan kebijakan luar negeri disusul oleh isu-isu dalam negeri dan diakhiri dengan tema nilai-nilai dan rasa belas kasihan.

Pidato Bush akan disampaikan setelah setahun angket jajak pendapat umum melorot tajam terhadap kepimpinannya sejak ia terpilih kembali Angket baru yang diterbitkan olen NBC NEWS/Wall Street Journal menunjukkan angka yang menyetujui kebijakannya 39 persen. Tanggapan Partai Demokrat atas pidato Presiden Bush akan disampaikan oleh gubernur Virginia Timothy Kaine. VOA menyiarkan secara langsung pidato Presiden Bush ke seluruh dunia.

XS
SM
MD
LG