Tautan-tautan Akses

Iran Minta Pertemuan Dengan Inggris, Prancis dan Jerman


Iran telah minta bertemu dengan para perunding Inggris, Prancis dan Jerman hari Senin ini untuk membicarakan jalan buntu mengenai program nuklirnya. Iran minta mengadakan pembicaraan di Brussels pada waktu bersamaan para delegasi dari negara-negara itu ditambah AS dan Uni Eropa bertemu di London untuk membahas apakah akan menyerahkan masalah Iran kepada Dewan Keamanan PBB.

AS menuduh Teheran secara rahasia berusaha membuat bom atom, dan menginginkan Dewan Keamanan mengenakan sanksi terhadap Teheran karena melanggar ketentuan dalam sebuah perjanjian nuklir global kunci. Iran mengatakan program nuklirnya adalah untuk mengembangkan tenaga listrik.

Di Teheran hari Ahad, seorang jurubicara Departemen LN Hamid Reza Asefi memperingatkan Barat agar jangan mengambil tindakan terburu-buru terhadap negaranya. Ia mengatakan menyerahkan masalah ini ke DK PBB tidak akan menyelesaikan apa pun.

Di Jerusalem, Kanselir Jerman Angela Merkel yang sedang mengunjungi Israel mengatakan Iran dan program nuklirnya merupakan ancaman terhadap seluruh dunia demokratis.

XS
SM
MD
LG