Tautan-tautan Akses

Ali Larijani Bertemu dengan Para Pejabat Cina di Beijing


Perunding nuklir tertinggi Iran Ali Larijani bertemu dengan para pejabat Cina di Beijing hari ini, menjelang sidang darurat Badan Energi Atom Internasional atau IAEA pekan depan.

Ali Larijani datang ke ibukota Cina itu dari Moskow, dimana ia mengadakan pembicaraan serupa dengan para pejabat Rusia hari Rabu. Cina dan Rusia telah menyerukan penyelesaian diplomatic terhadap masalah nuklir Iran itu.

Negara-negara Barat diperkirakan akan menggunakan sidang tanggal 2 Februari itu untuk membicarakan pengajuan Iran ke Dewan Keamanan PBB karena dituduh melanggar perjanjian nuklir dengan program nuklirnya. Pemerintah negara-negara Barat menuduh Teheran secara rahasia berusaha membuat bom atom. Iran mengatakan penelitian nuklirnya bertujuan untuk mengembangkan pembangkit listrik.

Sementara itu, para menteri luar negeri Inggris, Perancis, Jerman, Rusia, dan Cina akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Amerika Condoleezza Rice di London hari Senin untuk membicarakan strategi bersama terhadap masalah nuklir Iran.

XS
SM
MD
LG