Tautan-tautan Akses

Rusia akan Memulihkan Penyaluran Gas Alam di Eropa kecuali Ukraina


Rusia mengatakan akan memulihkan sepenuhnya penyaluran gas alam ke semua pelanggannya di Eropa kecuali Ukraina selambat-lambatnya hari Selasa. Moskow menghentikan penyaluran gas alam ke Ukraina hari Minggu lalu karena persoalan harga.

Perusahaan Gas Negara Rusia, Gazprom, menuduh Ukraina menimbulkan kekurangan gas di Eropa dengan mencuri gas dari saluran pipa yang melintasi Ukraina. Kiev membantah tuduhan itu. Gazprom akan meningkatkan volume gas yang disalurkan melalui pipa itu untuk menutupi kekurangan di beberapa negara, antara lain, Perancis, Polandia, dan Moldova. Para pejabat Austria dan Hongaria mengatakan mereka sudah mulai menerima pengiriman normal.

Roland Nash dari perusahaan Renaissance Capital di Moskow mengatakan tindakan Rusia itu berlatar-belakang politik dan ekonomi.

Gazprom ingin menaikkan harga empat kali lipat terhadap Ukraina, dengan alasan ekonomi pasar harus membayar harga pasar. Ukraina menuduh Rusia berusaha menjatuhkan ekonomi Ukraina dan mengatakan kenaikan harga seharusnya dilakukan bertahap.

XS
SM
MD
LG