Tautan-tautan Akses

Pesta Kembang Api dan Keamanan Ketat Tandai Perayaan Tahun Baru


Khalayak yang memperingati tahun baru di seluruh dunia bersorak-sorai dengan tibanya tahun 2006, menandai perisitiwa itu dengan kembang api dan musik sementara detik-detik terakhir tahun ini semakin dekat. Di Paris, ribuan orang menyambut tahun 2006 dengan mengangkat gelas champanye di sepanjang jalan besar terkenal di kota itu Champs-Elysee. Keamanan ketat di seluruh ibukota Prancis karena kekhawatiran timbulnya lagi demonstrasi rusuh, tetapi polisi mengatakan jumlah orang yang ditangkap dan pembakaran kendaraan sedikit lebih tinggi dari pada perayaan tahun lalu. Berlin, London, Moscow dan Kiev juga mengadakan perayaan besar-besaran dengan keamanan ketat dan tontonan kembang api yang cemerlang.

Di Beijing, kurang lebih enam ribu orang menghadiri konser tahunan Tahun Baru. Pemimpin-pemimpin Cina dan India juga saling mengucapkan selamat tahun baru, menegaskan kembali deklarasi mereka untuk menandai tahun 2006 sebagai “Tahun Persahabatan India-Cina.” Dan di AS, dimana para pengunjung pesta di antara orang-orang terakhir yang menyaksikan mulainya tahun 2006, ratusan ribu orang berkumpul di New York, Atlanta dan bahkan New Orleans yang belum lama ini dilanda bencana topan untuk menyambut tahun baru.

Sementara itu, petasan dan tembakan menewaskan dua orang dan mencederai lebih dari 600 orang di Filipina ketika berlangsung perayaan tahun baru. Para pejabat kesehatan hari Ahad mengatakan dua orang meninggal setelah menelan kembang api yang menyerupai permen. Kurang lebih 30 orang Filipina lainnya luka-luka karena peluru nyasar, meskipun ada peraturan pemerintah yang melarang perayaan dengan menggunakan tembakan senjata api. Orang-orang lain yang cedera menderita luka bakar karena kembang api. Mentri Kesehatan Filipina mengatakan kampanye keselamatan penggunaan kembang api yang dilancarkan selama bulan Desember memperoleh sukses, terbukti dari angka kematian akibat perayaan Tahun Baru berkurang tajam tahun ini. Orang-orang Filipina mempunyai takhayul, terutama terpengaruh oleh tradisi Cina, yang mempercayai kebisingan selama perayaan Tahun Baru akan mengusir unsur-unsur jahat dan ketidak-beruntungan.

XS
SM
MD
LG