Tautan-tautan Akses

PM Jaafari Serukan Rakyat Irak Bekerjasama Membangun Irak Yang Baru


PM Irak Ibrahim Jaafari menyerukan agar semua warga Irak bekerjasama dalam parlemen membangun Irak yang baru. Dalam pidato televisi nasional hari Sabtu, PM Jaafari mendesak agar kaum Sunni, Syiah dan Kurdi bekerjasama membangun demokrasi di negara yang dikoyak perang itu.

Pidato ini diucapkan setelah pertemuan antara PM Jafaari dan ulama Syiah tertinggi Ayatollah Ali al-Sistani. Sementara itu, seorang tokoh politisi Sunni Irak, Adnan al-Dulaimi mengatakan, partainya siap bergabung dalam koalisi dengan partai Syiah dan Kurdi dalam parlemen baru, untuk memastikan bahwa hak semua warga Irak dilindungi. Ia memuji pemilihan anggota parlemen hari Kamis, dan menyatakan terimakasih kepada pemberontak karena tidak melakukan serangan selama pemilu.

Kaum Sunni yang umumnya memboikot pemilihan umum bulan Januari, beramai-ramai memberikan suara dalam pemilu hari Kamis dalam upaya meningkatkan perwakilan politik mereka. Para pejabat pemilu mengatakan, mungkin perlu 10 hari sebelum hasil akhir pemilu diketahui.

XS
SM
MD
LG