Tautan-tautan Akses

PM Spanyol: Imigrasi Masalah Terbesar Eropa 


Perdana menteri Spanyol, Jose Luis Rodriguez Zapatero mengatakan imigrasi gelap atau pendatang haram merupakan masalah terbesar yang dihadapi Eropa. Inilah topik pembicaraanya hari Kamis dengan perdana menteri Italia, Silvio Berlusconi di Roma.

Keduanya berharap Uni Eropa dapat menyusun kebijakan bersama dalam soal imigrasi dan penjagaan perbatasan. Ribuan calon pendatang haram dari Afrika bagian utara setiap tahun berusaha memasuki wilayah Uni Eropa lewat Italia dan Spanyol. Banyak di antara mereka tewas dalam perjalanan.

Italia, Spanyol dan Prancis bermaksud menandatangani perjanjian bulan depan dalam bidang merondai Laut Mediteran dengan harapan perondaan bersama dapat memberantas lalulintas gelap manusia, terorisme dan kejahatan lain.

Berlusconi dan Zapatero juga mengatakan sampai kini belum ada bukti adanya kegiatan gelap CIA di negara mereka. Uni Eropa meminta Amerika menjelaskan laporan bahwa CIA menggunakan wilayah udara Eropa dalam menerbangkan tersangka pelaku teror ke rumah penjara di Eropa Timur.

XS
SM
MD
LG