Tautan-tautan Akses

Muslim Kamboja Ditolak Masuk ke Wilayah Thailand


Pejabat-pejabat Thailand mengatakan mereka menolak sekelompok Muslim Kamboja memasuki wilayah Thailand karena alasan keamanan, di tengah terus berlangsungnya keresahan kawasan Thailand Selatan yang mayoritas penduduknya Muslim.

Seorang jurubicara militer mengatakan kelompok Muslim Kamboja yang berjumlah 86 orang itu ditolak masuk ke Thailand hari Sabtu karena warga asing itu memberikan keterangan yang saling berlawanan kepada pejabat-pejabat militer dan imigrasi mengenai alasan mereka ingin memasuki wilayah Thailand.

Ia mengatakan beberapa warga Muslim Kamboja itu mengatakan mereka menuju ke Malaysia utara untuk bekerja, tetapi lainnya mengatakan kelompok itu ingin pergi ke Thailand selatan untuk bersekolah di sekolah Islam.

Warga Muslim Kamboja itu diberitahu bahwa kawasan di tiga provinsi Thailand,yaitu Pattani, Yala dan Narathiwat sedang terjadi pergolakan karena itu waktunya sekarang ini kurang tepat untuk dikunjungi.

Sejak Januari 2004, lebih dari seribu orang di tiga provinsi yang mayoritas penduduknya Muslim itu tewas di negara yang didominasi oleh orang-orang beragama Budha.

XS
SM
MD
LG