Tautan-tautan Akses

Teroris Asal Malaysia, Azahari bin Husin Diyakini Tewas Dalam Penggerebekan di Malang


Kepala Kepolisian nasional Indonesia mengatakan salah seorang buronan utama Asia Tenggara mungkin sudah tewas. Jenderal polisi Sutanto mengatakan mereka berharap dapat mengukuhkan kematian perakit bom asal Malaysia Azahari bin Husin itu hari Kamis ini.

Kepolisian Indonesia menggerebek satu tempat yang dicurigai sebagai tempat persembunyian kaum militan di Batu, Jawa Timur hari Rabu kemarin.

Paling kurang tiga orang diduga tewas dalam tembak-menembak dan ledakan-ledakan yang menggoncang bangunan itu. Polisi khawatir rumah itu mungkin dipasangi bom dan akan menunggu sampai siang untuk memungut jenazah dan melakukan investigasi lebih jauh.

Menurut saksi mata, Azahari bin Husin mungkin telah memilih meledakkan dirinya daripada ditangkap polisi. Teroris pelarian itu memiliki keterkaitan dengan Jemaah Islamiyah, kelompok yang dipandang sebagai sayap regional Al Qaida, dan dituduh menjadi otak paling kurang empat peledakan maut di Indonesia, termasuk pengeboman Bali tahun 2002 yang menewaskan 202 orang.

XS
SM
MD
LG