Tautan-tautan Akses

Jepang Setuju Penghapusan 80 Persen Hutang Irak


Jepang dikabarkan telah setuju menghapuskan 80 persen hutang Irak kepada negara itu, yang membuka jalan bagi dilanjutkannya bantuan keuangan.

Kantor berita Kyodo memberitakan hari ini bahwa Jepang akan memaafkan hampir 6 milyar dollar hutang Irak. Negara yang dikoyak perang itu masih tetap bertanggungjawab untuk membayar sekitar 1,4 milyar dollar dalam masa 23 tahun.

Dikatakan, kedua negara diperkirakan akan menandatangani persetujuan resmi sebelum akhir tahun ini. Kyodo mengatakan, penyelesaian itu akan memungkinkan Jepang kembali memberi pinjaman sampai 3,5 milyar dollar untuk membantu pembangunan kembali Irak. Keputusan Tokyo itu menindaklanjuti kesepakatan 19 negara kreditor Paris Club tahun lalu untuk menghapuskan 80 persen hutang Irak.

Sementara itu, para pemuka Arab sunni di Irak Barat telah mengutuk ofensif gabungan Amerika Serikat – Irak di kawasan itu dengan menyebutnya sebagai membahayakan warga sipil. Militer Amerika melancarkan Operasi Tirai Baja Sabtu pagi untuk memulihkan keamanan di perbatasan Irak – Syria yang mudah dimasuki, dan menghancurkan jaringan al Qaida di Irak yang beroperasi di wilayah itu.

Sejumlah politisi dan pemuka suku Arab Sunni mengeluh mengatakan operasi itu membahayakan warga sipil dan dapat meningkatkan ketidakstabilan di wilayah-wilayah sunni negara itu. Penduduk kota Husaybah mengatakan ledakan-ledakan yang bergemuruh menggoncang kota itu saat sekitar 2500 tentara Amerika dan seribu tentara Irak bergerak memasuki kota itu.

Di tempat lain, paling kurang 11 orang tewas sewaktu orang-orang bersenjata menyergap sebuah bus mini di Balad Ruz, 60 kilometer sebelah timurlaut Bagdad. Dan pihak militer Amerika mengumumkan tiga lagi prajurit Amerika tewas dalam insiden-insiden terpisah di Irak.

XS
SM
MD
LG