Tautan-tautan Akses

CIA Dilaporkan Menahan Tersangka Teroris di Lokasi-Lokasi Rahasia


Dua organisasi pemberitaan Amerika mengatakan, Dinas Intelijen Amerika CIA telah menahan dan meng-interogasi sejumlah diantara tersangka teror al-Qaida yang paling penting di lokasi-lokasi rahasia di luar Amerika Serikat.

Harian Washington Post dan televisi NBC memberitakan, fasilitas itu merupakan bagian dari sistem penjara rahasia yang dibentuk CIA tak lama setelah serangan teroris 11 September 2001. Diberitakan, lebih dari 100 tahanan telah di-interogasi di fasilitas-fasilitas itu yang berada di paling kurang dua negara Eropa Timur yang tidak diungkapkan namanya, di Thailand dan tempat-tempat lain.

Harian Washington Post yang memberitakan pertama kali mengatakan tahu mengenai jaringan penjara rahasia itu dari para pejabat Amerika dan asing yang mengetahuinya. Seorang jurubicara Thailand membantah laporan itu. Katanya Thailand tidak pernah menjadi penjara bagi tersangka al-Qaida.

CIA telah menolak berkomentar mengenai laporan itu, sementara jurubicara Gedung Putih Scott McClellan mengatakan dia tidak akan membicarakan aktivitas intelijen secara spesifik.

XS
SM
MD
LG