Tautan-tautan Akses

Wapres Dick Cheney Kemungkinan Dipanggil Untuk Beri Kesaksian Dalam Kasus Libby


Tahap berikut dari kasus dakwaan terhadap pembantu Gedung Putih Lewis Libby adalah sidang peradilan terbuka, dimana Wakil Presiden Dick Cheney kemungkinan juga dipanggil memberi kesaksian.

Libby yang hari Jumat mengundurkan diri dari jabatan kepala staf Cheney, kemungkinan disidangkan pekan depan. Dia dikenakan dakwaan sumpah palsu, membuat pernyataan bohong dan merintangi tegaknya hukum. Para pakar hukum mengatakan, dengan dakwaan itu persidangan tak-dapat-tidak akan menyelidiki percakapan pribadi antara Libby dan wakil presiden mengenai agen rahasia CIA, Valerie Plame.

Libby dituduh berbohong kepada penyidik yang berusaha memastikan apakah ada yang melakukan pelanggaran membocorkan identitas Valerie Plame. Jaksa penuntut menuduh Libby dan kantor wakil presiden mempelopori upaya pemerintah untuk men-diskreditkan suami nyonya Plame, seorang pengecam perang Iraq.

Cheney, salah seorang wakil presiden paling berpengaruh dan tertutup dalam sejarah Amerika, belum dikenakan tuduhan melakukan kesalahan.

XS
SM
MD
LG