Tautan-tautan Akses

Pejabat Ekonomi Dunia di Washington Bahas Situasi Terakhir dan Sistem Pertukaran Mata Uang Baru


Tokoh-tokoh ekonomi dunia berkumpul di Washington untuk membahas harga minyak yang tinggi, topan Rita yang akan segera tiba, dan usaha untuk membentuk sistem pertukaran mata uang yang baru.

Para pejabat keuangan dari kelompok tujuh negara kaya akan bertemu dengan rekan-rekan mereka dari Brazil, Cina, India, Rusia dan Afrika selatan. Harga-harga minyak telah naik tajam dibanding tahun lalu dan merugikan pertumbuhan ekonomi di banyak negara.

Ada kecemasan bahwa topan Rita akan menghancurkan bagian-bagian penting industri minyak Amerika dan mendorong naik harga-harga minyak. Cina sementara itu mengumumkan perubahan kecil dalam peraturan nilai tukar mata uangnya, karena mitra-mitra dagang Cina mengeluh mata uang Cina yang murah telah menciptakan persaingan yang tidak adil di pasar dunia.

Sementara itu, demonstrasi anti-perang di Irak yang akan dilancarkan di kota Washington hari Sabtu ini diperkirakan akan dihadiri lebih dari 100-ribu orang, ditambah kelompok-kelompok kecil demonstran yang mendukung perang itu. Kata panitia demonstrasi anti-perang itu, para demonstran akan berpawai melewati Gedung Putih dalam sebuah aksi unjuk rasa paling besar sejak dimulainya perang di Irak.

Diantara tokoh anti-perang adalah nyonya Cindy Sheehan, yang putranya tewas di Irak. Sheehan telah menarik demonstran anti-perang ketika dia berkemah berminggu-minggu diluar tanah pertanian Presiden Bush di Texas.

XS
SM
MD
LG