Tautan-tautan Akses

Cina dan Kanada Sepakat Bentuk Kemitran Strategis Energi dan Perdagangan


Presiden Cina Hu Jianto mengatakan, Cina dan Kanada telah sepakat untuk membentuk kemitran strategis di bidang energi dan perdagangan, untuk mempererat hubungan ekonomi bilateral yang semakin penting. Presiden Hu, pemimpin pertama Cina yang mengunjungi Kanada Sabtu ini di Ottawa akan bertemu dengan para pemimpin senior pemerintah dan bisnis.

Presiden Hu dan PM Canada Paul Martin Jumat menandatangani persetujuan yang menjanjikan kerjasama di bidang riset energi nuklir dan pembangunan, turisme, proteksi lingkungan dan perdagangan. Presiden Cina itu mengatakan kepada wartawan di ibukota Kanada, meningkatkan hubungan bilateral ke satu dari kemitraan strategis merupakan keputusan bersama.

PM Martin sepakat, dengan mengatakan bahwa hubungan bilateral tidak pernah sepenting sekarang ini. PM Canada menyatakan dia mendesak Presiden Hu agar memperbaiki reputasi Cina dalam HAM, terutama terhadap Tibet dan Gerakan spiritual Falun Gong. Martin menganjurkan kepada Cina agar memberikan kebebasan lebih besar untuk menyatakan pendpat, berkumpul , beragama dan memeluk kepercayaan. Hu mengatakan, hak sipil sangat penting, tetapi prioritasnya adalah kelangsungan hidup dan pembangunan negaranya yang berpenduduk 1,3 miliar jiwa.

XS
SM
MD
LG