Tautan-tautan Akses

Pemakaman Mendiang John Garang Dilakukan di Juba, Sudan Selatan


Persiapan sedang berlangsung di Juba, Sudan Selatan, bagi pemakaman mendiang wakil presiden dan mantan pemimpin pemberontak John Garang.

Jenazah Garang telah diterbangkan ke beberapa kota Sudan Selatan untuk memberi kesempatan kepada pelayat menyampaikan penghormatan terakhir mereka menjelang penguburan hari Sabtu.

Sewaktu singgah di Yei, Presiden Uganda Yoweri Museveni mengatakan penyebab kecelakaan helikopter yang menewaskan Garang tidak jelas. Katanya, penyebabnya mungkin kecelakaan atau sesuatu yang lain. Garang terbang dengan helikopter pribadi Museveni sewaktu jatuh Sabtu lalu di perbatasan antara Uganda dan Sudan.

Baik pemerintah Sudan maupun gerakan pemberontak Garang telah mengatakan cuaca buruk sebagai penyebab kecelakaan itu. Kotak hitam pesawat sudah ditemukan.

Penyelidikan yang melibatkan pemerintah Sudan, gerakan pemberontak, PBB dan Amerika Serikat sedang berlangsung. Desas-desus sabotase telah mencetuskan kerusuhan di ibukota Khartoum dan di tempat lain pekan ini, menewaskan paling kurang 130 orang.

XS
SM
MD
LG