Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Peringatkan Iran Supaya Jangan Mulai Lagi Kegiatan Nuklir


Iran menyatakan pihaknya tidak berniat membatalkan rencana untuk memulai lagi kegiatan nuklir yang peka, sementara Uni Eropa memperingatkan langkah semacam itu bisa menyulut krisis internasional.

Menteri-menteri luar negeri Inggris, Prancis dan Jerman hari Selasa menanda-tangani sepucuk surat bersama yang memperingatkan Iran supaya jangan memulai lagi aktivitas di fasilitas nuklir di Isfahan.

Surat itu mengancam akan diambilnya tindakan-tindakan lain yang tidak dirincikan jika Teheran tidak mematuhi komitmen masa lampau dengan Uni Eropa. Tetapi Iran mengatakan rencananya tidak bisa diubah lagi.

Teheran mengatakan pihaknya akan memulai lagi pengubahan uranium mentah menjadi gas, tahap pendahuluan untuk memperkaya uranium. Iran belum mengatakan apakah pihaknya akan memulai lagi proses lebih jauh untuk memperkaya uranium yang diperlukan dalam membuat senjata nuklir.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika hari ini mengatakan jika Iran memungkiri komitmennya dengan Uni Eropa, pejabat-pejabat Amerika akan mengajukan keadaan itu ke Dewan Keamanan PBB dan Badan Tenaga Atom Internasional.

XS
SM
MD
LG