Tautan-tautan Akses

NASA: Pesawat Discovery Tampaknya Aman Untuk Pendaratan Pulang Tanggal 7 Agustus


Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat, NASA mengatakan pesawat ulangalik Discovery tidak cedera oleh reruntuhan yang jatuh dari tangki bahan bakar luarnya sewaktu tinggal landas, dan pesawat itu tampaknya aman untuk terbang pulang tanggal 7 Agustus.

Para pejabat NASA mengeluarkan penilaian itu hari ini, setelah mengumumkan mereka telah membatalkan penerbangan ulang-alik lebih lanjut untuk sekarang ini. Kata mereka, mereka ingin menyelidiki mengapa insulasi busa itu terlepas dari tangki bahanbakar luar Discovery sewaktu diluncurkan.

Hal yang sama terjadi dua setengah tahun yang lalu pada pesawat ulangalik Columbia, yang menyebabkan pesawat itu hancur sewaktu masuk kembali ke atmosfir bumi. Ke-tujuh astronoutnya tewas.

Hari Kamis, Discovery mencantelkan diri dengan aman dengan Stasiun Antariksa Internasional. Sebelum merapat, pesawat ulangalik itu melakukan manuver membalik agar para awak stasiun antariksa itu dapat memotret bagian perut pesawat, untuk melihat bagian yang kehilangan kepingan pelapis sewaktu peluncuran hari Selasa.

Para pejabat NASA mengatakan, mereka memperkirakan kerusakan itu tidak akan berdampak pada Discovery saat masuk kembali ke atmosfir bumi. Tetapi inspeksi lebih jauh akan dilakukan. Seorang jurubicara Gedung Putih mengatakan Presiden Bush menghargai komitmen NASA pada keselamatan.

XS
SM
MD
LG