Tautan-tautan Akses

KTT G-8: Penyelesaian Konflik Timur Tengah Sangat Penting Bagi Perdamaian Dunia


Konperensi puncak kelompok G-8 mengatakan, penyelesaian konflik Timur Tengah adalah hal sangat penting bagi perdamaian dunia dan kemakmuran di kawasan itu. Kelompok G-8 juga sepakat akan menambah bantuan bagi Afrika, memberikan sumbangan kepada otorita Palestina dan berjanji akan mengurangi polusi udara yang mengakibatkan meningkatnya suhu bumi.

Kata PM Inggris Tony Blair, kelompok G-8 sepakat akan memberi pinjaman sebanyak 25 milyar dollar tiap tahun kepada Afrika menjelang tahun 2010. Ini adalah dua kali lebih banyak dari bantuan tahun 2004. Kata Tony Blair lagi, sedang dirampungkan perjanjian untuk menghapuskan hutang 18 negara paling miskin di dunia, termasuk 14 negara yang terdapat di Afrika.

Kelompok negara kaya itu juga mendukung rencana untuk mengumpulkan dana tiga milyar dollar yang akan disumbangkan kepada otorita Palestina. Katanya dana itu akan membantu pembangunan ekonomi Palestina dan pembentukan pemerintahan yang baru.

Tokoh-tokoh negara industri yang tergabung dalam kelompok G-8 menyerukan kepada negara-negara penghasil minyak supaya mengizinkan lebih banyak penanaman modal asing dalam usaha menekan harga-harga minyak yang terus naik. Harga minyak mentah tercatat sekitar 62 dollar per barrel hari Jumat, hampir tiga kali lipat harga minyak pada tahun 2001.

XS
SM
MD
LG