Tautan-tautan Akses

Zalmay Khalilzad Yakin Osama dan Mullah Omar Tidak Berada di Afghanistan


Dutabesar Amerika Serikat untuk Afganistan mengatakan dia yakin pemimpin jaringan terror al Qaida Osama bin Ladin dan pemimpin Taliban Mullah Mohammad Omar tidak berada di Afganiatan. Zalmay Khalilzad mengatakan itu dalam konferensi pers di Kabul hari Kamis – sehari setelah seorang yang disebut sebagai komandan Taliban mengatakan kepada sebuah stasiun televisi Pakistan bahwa keduanya masih hidup dan sehat, setelah dalam pelarian lebih dari tiga tahun.

Dutabesar Khalilzad tidak mengatakan dimana menurutnya kedua orang itu bersembunyi atau apakah komentarnya berdasarkan informasi intelijen baru. Namun katanya, tidak jelas sampai berapa jauh Bin Ladin memegang kendali operasional atas al Qaida, setelah banyak tokoh utamanya tertangkap dan jaringan pembiayaan organisasi itu dikacaukan. Khalilzad mengatakan penangkapan bin Ladin hanya menunggu waktu.

Para pejabat Amerika telah berulang-ulang mengatakan, pemimpin al Qaida itu diduga berada di satu tempat di kawasan pegunungan antara Afganistan dan Pakistan.

XS
SM
MD
LG