Tautan-tautan Akses

Tony Blair Berada di Rusia Bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin


PM Inggris Tony Blair berada di Rusia hari ini, Senin, bertemu dengan presiden Rusia Vladimir Putin, membicarakan rencana PM Blair meningkatkan bantuan internasional untuk benua Afrika.

Inggris, Amerika Serikat dan mitra-mitra mereka dalam kelompok G-8 yaitu negara-negara industri utama dunia, bersama Rusia, sepakat pekan lalu menghapuskan utang 18 negara termiskin di benua Afrika dan Amerika Latin senilai 40 milyar dolar. Para pemimpin negara-negar akelompk G-8 membicarakan rencana penghapusan utang itu secara luas pekan ini, sebelum KTT di Skotlandia, yang akan meratifikasi rincian rencana penghapusan utang itu.

Sore ini di Washington, presiden Bush akan bertemu dengan para pemimpin negara –negara di benua Afrika, untuk menendaskan himbauannya bahwa demokrasi akan maju bersamaan dengan penghapusan utang ini, dan kemajuan di bidang ekonomi lainnya.

Presiden Bush akan mengadakan pembicaraan pribadi di Gedung Putih dengan para pemimpin Botswana, Ghana, Mozambique, Namibia dan Niger, yang semuanya mengadakan pemilu demokratis tahun lalu.

Dalam pesan terbarunya kepada rakyat benua Afrika, yang disiarkan VOA, dikatakannya bahwa ini adalah saat dimana kebebasan mulai bangkit di seluruh dunia, dan adalah sangat penting, bahwa benua Afrika menjadi ajang demokrasi dan kemakmuran, dan harapan, di mana rakyat dapat hidup sehat, dan mempunyai kesempatan untuk mencapai cita-cita mereka.
XS
SM
MD
LG