Tautan-tautan Akses

Tentara Irak Tutup Baghdad Untuk Mencari Pemberontak


Tentara Irak menutup kota Baghdad untuk mencari pemberontak, dalam operasi pembersihan terbesar sejak jatuhnya Saddam Hussein. Para pejabat Irak mengatakan, operasi ini diikuti 40 ribu tentara Irak.

Mereka mulai memasang beberapa ratus pos pemeriksaan di Baghdad dan sekitarnya hari Minggu. Al-Qaida di Irak mengatakan, pihaknya melancarkan serangan balasan. Kelompok itu juga mengakui bertanggungjawab atas dua serangan bom mobil di kota Hillah yang menewaskan 27 orang.

Hari Senin, tentara Amerika membebaskan ketua partai politik Sunni Irak, setelah secara keliru, menahannya beberapa jam sebelumnya. Tentara Amerika juga mengatakan, sebuah pesawat Irak dengan empat orang warga Amerika dan seorang warga Irak jatuh di Irak bagian timur. Dikatakan penyidikan sedang dilakukan, dan tidak disebut adanya korban.

Sementara itu, sebuah pesan audio yang konon dari Abu Musab al-Zarqawi mengatakan, ia hanya luka ringan. Pesan itu dipasang di Internet hari Senin untuk meyakinkan pemimpin al-Qaida Osama bin Laden bahwa Zarqawi dalam keadaan sehat.

Dalam pesan itu, pembicara memberitahu bin Laden bahwa berita yang mengatakan Zarqawi luka parah adalah desas-desus tanpa dasar. Dikatakan, Zarqawi dalam keadaan sehat di Irak, menunggu pesan dari bin Laden mengenai rencana perang kelompok itu. Keotentikan pesan itu tidak dapat dikukuhkan. Dalam beberapa hari terakhir ini, muncul pernyataan simpang siur dari kelompok al-Qaida mengenai kondisi kesehatan Zarqawi.

XS
SM
MD
LG