Tautan-tautan Akses

Karzai Desak AS Tindak Tegas Pelaku Penyiksaan Tahanan di Afghanistan


Presiden Afganistan Hamid Karzai mengatakan, pemerintahnya ingin memegang pengaturan atas operasi militer AS di Afganistan dan dalam penahanan atas semua tahanan Afganistan, sesudah terbitnya laporan mengenai tuduhan terjadinya pelanggaran terhadap para tahanan di pangkalan militer AS di Afganistan.

Karzai mengatakan pada jumpa pers di Kabul Sabtu ini, dia terkejut dengan adanya laporan suratkabar New York Times yang menyebutkan dokumen rahasia militer AS yang merinci terjadinya pelanggaran itu. Karzai minta agar AS melakukan tindakan keras terhadap personil militer yang didapati telah melakukan pelanggaran terhadap para tahanan. Karzai menyatakan dalam kunjungannya ke Washington mendatang akan dia membahas masalah itu ketika di bertemu Presiden Bush.

Laporan tentara AS itu yang diterbitkan dalam suratkabar itu Jumat kemarin mengatakan, para tentara muda yang tidak terlatih baik terlibat dalam insiden berulang-ulang dalam pelanggaran itu. Para pejabat AS sebelumnya telah menegaskan bahwa insiden yang diberitakan mengenai pelanggaran terhadap para tahanan tadi merupakan masalah kasus khusus.

XS
SM
MD
LG