Tautan-tautan Akses

Oposisi Uzbekistan Klaim 745 Orang Tewas  Dalam  Kekerasan Terhadap Demonstran


Sebuah kelompok oposisi Uzbekistan mengatakan, 745 orang tewas dalam tindakan keras oleh pemerintah pekan lalu, tetapi pemerintah mengatakan korban jiwa resmi berjumlah 169.

Partai Petani Bebas mengatakan kurang lebih 500 orang tewas di Andijon ketika pasukan keamanan melepaskan tembakan ke arah demonstran. Dikatakan oleh partai itu, 200 orang lainnya tewas di dekat Pakhtabad setelah mencoba melarikan diri dari Andijon.

Tetapi Pemerintah Uzbekistan mengatakan tentara tidak melepaskan tembakan ke arah para demonstran tidak bersenjata. Jaksa Umum Rashid Kadyrov mengatakan dari 169 orang yang tewas itu, 32 orang adalah tentara pemerintah dan selebihnya adalah teroris.

Amerika Serikat telah mengutuk penggunaan kekuatan tanpa pandang bulu terhadap penduduk sipil tak bersenjata di Uzbekistan. Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika juga mengutuk tindak kekerasan yang dilakukan oleh para demonstran, di Uzbekistan, yang menyerbu sebuah penjara dan membebaskan 2000 narapidana, termasuk para teroris.

XS
SM
MD
LG