Tautan-tautan Akses

PM Berlusconi: Penyelidikan Penembakan Sandera Italia Oleh Tentara AS di Irak Belum Selesai


Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi memberitahu parlemen bahwa penyelidikan atas tertembak matinya seorang perwira intelijen Italia oleh tentara Amerika di Irak bulan lalu belum lagi selesai.

Berlusconi hari Selasa menyatakan penyesalan atas apa yang disebutnya pembocoran laporan yang disesalkan bahwa penyelidikan itu akan membuat tentara Amerika sama sekali tidak dipersalahkan.

Menteri Pertahanan Amerika Donald Rumsfeld mengatakan kedua negara belum lagi menyepakati laporan bersama.

Pejabat-pejabat Amerika hari Senin mengatakan laporan itu akan menyimpulkan bahwa tentara Amerika pada umumnya mematuhi aturan di lapangan, sewaktu tentara Amerika di Baghdad melepaskan tembakan ke arah mobil yang ditumpangi oleh agen intelijen Italia itu dan seorang wartawan.

Agen intelijen Nicola Calipari tewas seketika dan wartawati Giuliana Sgrena, yang ketika itu baru saja dibebaskan setelah disandera di Irak, luka-luka.

Pejabat-pejabat Amerika mengatakan mobil itu mendekat ke salah satu pos penjagaan dengan kecepatan tinggi dan mengabaikan perintah supaya mengurangi kecepatan. Pejabat-pejabat Italia membantah pernyataan itu.


XS
SM
MD
LG