Tautan-tautan Akses

Bush Bertemu Pangeran Abdullah, Minta Bantuan Tingkatkan Produksi Minyak


Presiden Bush, di ranchnya di Texas, menyambut kedatangan Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Abdullah membicarakan kenaikan harga minyak dunia dan isu-isu lain. Bush mengatakan ia menyambut baik janji Arab Saudi menambah kapasitas produksinya sebab hal itu – katanya – akan membantu menstabilkan harga minyak di pasar dunia.

Sebagai penghasil minyak terbesar di dunia, Arab Saudi belum lama ini berjanji akan menaikkan kapasitas produksinya sebesar 30% dalam empat tahun ke depan dari 9.5 menjadi 12.5 juta barel sehari. Penasehat Keamanan Nasional Amerika, Stephen Hadley mengatakan kepada wartawan janji Arab Saudi itu dapat menurunkan harga minyak.

Dalam pernyataan-bersama selesai pembicaraan, Presiden Bush dan Pangeran Abdullah berjanji akan terus bekerjasama dalam perang melawan terorisme dan kedua pihak bertekad membantu Irak membangun diri sebagai bangsa yang aman dan berdaulat.

Mereka juga menyambut gembira rencana Israel menarik diri dari daerah Gaza dan bagian-bagian Tepi Barat dan berharap terselenggara pemilihan umum yang bebas dan adil di Libanon.

XS
SM
MD
LG