Tautan-tautan Akses

Robert Mugabe Akan Mengundurkan Diri Tahun 2008 Setelah Habis Masa Jabatannya


Robert Mugabe mengatakan, dia akan mengundurkan diri dari jabatan sebagai presiden Zimbabwe setelah habis masa jabatannya tahun 2008 nanti.

Kata Mugabe lagi, dalam sebuah wawancara dengan harian Jakarta Post, dia juga tidak menyiapkan penggantinya. Tapi Mugabe mengatakan, presiden yang berikutnya harus diambilkan dari partai Zanu-PF yang berkuasa, yang bulan lalu menang besar dalam pemilihan anggota DPR.

Robert Mugabe, yang sedang menghadiri konperensi puncak Asia-Afrika yang berlangsung di Jakarta, kembali mengulangi tuduhannya bahwa partai oposisi yang utama, gerakan bagi perubahan demokratis, telah didalangi oleh Inggris bekas penguasa kolonial di Zimbabwe.

Mugabe belakangan ini menghadapi tekanan internasional dan dalam negeri karena dituduh telah menukangi pemilihan presiden tahun 2002.

Sementara itu, PM Jepang Junichiro Koizumi berharap akan bisa bertemu dengan Presiden Cina Hu Jintao di Jakarta hari Sabtu ini untuk memperbaiki hubungan yang tegang antara kedua negara. Tapi pemerintah Cina tidak memberikan tanggapan atas harapan Koizumi itu.

Koizumi telah mengulangi permintaan maaf Jepang atas kekejaman yang dilakukan oleh tentara Jepang di Cina dalam masa perang dunia kedua. Katanya, Jepang telah menimbulkan kerusakan dan penderitaan yang sangat hebat di banyak negara, termasuk Asia.

XS
SM
MD
LG